iklan

Beriman Kepada Yang Ghaib

Beriman Kepada Yang Ghaib
Beriman Kepada Yang Ghaib

Beriman kepada yang ghaib merupakan salah satu bentuk rukun iman, karena di dalam rukun iman ada yang namanya iman kepada Allah dan juga iman kepada malaikat.

Dalam QS. Al-Baqarah ayat 3, Allah menjelaskan bahwa beriman kepada yang ghaib adalah salah satu ciri orang yang bertaqwa:

"(yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebahagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka." [QS. Al Baqarah ayat 3]

Isi kandungan dari ayat diatas adalah menerangkan bahwa ada dua anak manusia, yang pertama adalah mereka yang hanya mempercayai hal yang nyata namun tidak mempercayai atau tidak mengakui adanya sesuatu dibalik kenyataan itu. Orang-orang yang seperti itu, biasanya tidak mempercayai adanya Tuhan, malaikat, kiamat, akhirat, dan lain-lain. Sedangkan orang yang kedua adalah orang yang mempercayai adanya hal yang nyata dan ghaib.


Surat Al-Baqarah ayat 3 dimulai dengan kalimat: “...mereka yang berinab kepada yang ghaib...”, kata “yang ghaib” dapat diartikan dengan yang tidak dapat disaksikan oleh panca indera, tidak tampak oleh mata, tidak dapat didengar oleh telinga, namun keberadaannya dapat dirasakan.


Penjelasan beriman adalah ungkapan keyakinan dan kepercayaan terhadap sesuatu. Ghoib adalah segala sesuatu yg tidak tampak oleh panca indra manusia. Beriman kepada yg ghoib menurut seorang ulama bernama Abul Aliyah “Beriman kepada Allah SWT malaikat-malaikat kitab-kitab dan Rasul-rasul surga dan perjumpaan dgn Allah SWT diakhirat serta hidup sesudah mati semua itu ghoib.” Sedangkan ulama lain bernama Atho` berkata “Orang yg beriman kepada Allah SWT berarti dia beriman kepada yg Ghoib.”

Kehidupan kita memang utk ujian banyak hal yg Allah SWT berikan kepada kita melalui kitab suci Al Qur`an dan informasi-informasi Rasulullah SAW dan kita hanya diminta sebagai orang yg beriman utk meyakininya sedangkan kita tidak pernah melihatnya dan tidak bisa membuktikannya secara empiris sampai kita mengalaminya nanti. Karena informasi itu dari Allah SWT melalui Rasul-rasul-Nya maka kita beriman dan meyakini kebenarannya. Berbeda dgn orang atheis yg menolak hal seperti itu. Diantara yg harus kita yakini terhadap hal-hal ghoib ini adalah :

Beriman kepada yang ghaib, yang pertama adalah iman kepada Allah SWT, Dzat yang menciptakan seluruh alam yang tidak dapat disaksikan oleh mata telanjang, akan tetapi dapat dirasakan sifat dan wujud-Nya.

Selain beriman kepada Allah, hal ghaib yang harus kita imani selanjutnya adalah akhirat. Akhriat termasuk hal ghaib, sebab tidak ada orang yang mampu menyaksikan akhirat dengan mata atau mendengar dengan telinga, namun yang harus kita yakini bahwa akhirat itu pasti ada. Termasuk didalamnya alam makhluk jin dan makhluk-makhluk ghaib lainnya.

Kaitannya dengan hal-hal gaib ini, belum lama ini beredar berita lucu yang sangat menghebohkan yang dimuat di salah satu media onlie [palingseru.com]  tentang foto sosok wanita berbaju putih di hutan yang sempat bikin heboh secara tiba-tiba, seperti ini cerita sebenarnya : 

Netizen di Malaysia pernah digemparkan dengan tersebarnya photo penampakan sosok putih didalam rimba. Photo ini jadi viral sepanjang berhari-hari. Tetapi apabila kamu paham.kamu mengerti kebenaran dari photo ini, pasti anda bakal tertawa.

Memanglah saat lihat photo itu tampak mengerikan di antara banyak sebagian pendaki gunung ada sosok putih yang berdiri di sana.


Photo ini awalannya di unggah oleh account Facebook bernama Muhammad Hafizi. Photo ini sukses memetik banyak komentar dari netizen  malaysia.

Ada yang menyampaikan apabila sosok putih itu yakni hantu yang terlihat didalam keramaian orang sebagai orang hilang di rimba itu.

Lantaran tidak ingin netizen jadi makin salah pengertian, pada akhirnya sosok putih itu juga mulai bicara. Ia yakni Izzatul Farhana Aimi Saidon (26), yang dimaksud mahasiswa di Politeknik Ungku Omar mengambil jurusan Tehnologi Kejuruteraan Pemula.

Saat itu ia tengah kerjakan session photo prewedding di rimba itu. Tak disangka apabila ia jadi diduga hantu.

Terkejut dan merasa lucu tak sangka akan jadi viral. Saya pergi ke sana hanya ambil gambar ‘post-wedding, Saya tidak berasumsi karena pakai baju akad nikah berwarna putih di dalam rimba, saya disangkakan makhluk halus, ” kata wanita asal Jerantut, Pahang itu, seperti ditulis Tribunnews. com.

Izzatul juga menilainya apabila netizen ini cepat sekali meyakini dengan apa yang mereka saksikan tidak ada mencari kebenarannya lebih dahulu.

Ya bisa dijelaskan apabila biasanya netizen gemari mengambil ikhtisar tak ada bukti yang tentu. Pemikiran seperti ini demikian tidak baik karena bisa mengakibatkan persoalan dan salah paham.

Semoga bermanfaat.

Baca juga :Astaghfirullah!!!... 3 Tanda Kiamat Ini Telah Muncul di Indonesia